Apindo: Pelambatan Ekonomi China Bisa Ancam Ekspor Indonesia

10 Januari 2019


Melemahnya laju pertumbuhan ekonomi China mulai menunjukkan dampaknya. Beberapa perusahaan teknologi besar seperti Apple memproyeksikan pertumbuhan penjualan pada yang kian melemah. Tak hanya itu, lapangan kerja di China kian tergerus. Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia ( Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, jika daya beli dan vitalitas ekonomi China terus melambat pada 2019, Indonesia akan menghadapi masa-masa sulit untuk merangsang ekonominya melalui ekspor. Sebab, persaingan untuk memasuki pasar China semakin ketat karena permintaan China akan barang-barang global kian menyusut. "China sebagai pembeli paling besar akan didorong untuk memilih pemasok (produsen) yang paling efisien di antara pemasok global lainnya sehingga dapat bersaing dalam perdagangan global meskipun tarif perang dagang sedang tinggi," ujar Shinta ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (9/1/2019).

Sebelumnya, VP Economist PT Bank Permata Tbk Josua Pardede menyebutkan, pangsa ekspor Indonesia ke China terhadap keseluruhan ekspor Indonesia mencapai 15 persen. Adapun Shinta menjelaskan, jika Indonesia tak melakukan efisiensi dalam proses ekspor ke China, maka permintaan barang dari Indonesia bisa terancam. Selain itu ujar Shinta, konsumen China akan mengubah pola konsumsinya. Konsumen China akan lebih banyak menuntut terhadap kualitas produk yang diimpor ke negaranya. Sehingga, pemerintah Indonesia diharapkan memberikan perhatian lebih kepada konsumen China. "Karena China bisa saja memberlakukan lebih banyak kebijakan nontarif untuk beberapa komoditas yang diekspor oleh Indonesia," ujar Shinta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apindo: Pelambatan Ekonomi China Bisa Ancam Ekspor Indonesia", https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/09/155827826/apindo-pelambatan-ekonomi-china-bisa-ancam-ekspor-indonesia.
Penulis : Mutia Fauzia
Editor : Erlangga Djumena


Didukung Oleh
Visi & Misi Perusahaan
  • Visi
  • Menjadi BPR yang sehat, tangguh, dan terpercaya dengan selalu mengutamakan kepuasan para pemangku kepentingan

  • Misi
  • Menjalankan aktivitas BPR yang unggul dengan mengutamakan pelayanan kepada UMKM, agar dapat tumbuh dan berkembang dengan wajar.


Kantor

Jl. Gatot Subroto Barat 97X
Kuta Utara, Badung, Bali
Telp. (0361) 423 008
email. bprdalung@gmail.com

Terdaftar dan diawasi
Bank Peserta